THE FRONTAGE, MEMASUKI TAHAP PEMBANGUNAN PALING PENTING

THE FRONTAGE, MEMASUKI TAHAP PEMBANGUNAN PALING PENTING

Meski aktivitas di lokasi proyek The Frontage tidak pernah berhenti sepanjang hari, namun jika dilihat dari kacamata awam, seolah tak banyak perkembangan dari proyek ini. Padahal sebenarnya, para kontraktor di lapangan sedang menuntaskan serangkaian proses paling penting dalam pembangunan superblock premium ini.

___________

orang“The Frontage saat ini memasuki pekerjaan persiapan dan pekerjaan sub-struktur. ini tahap paling penting yang memakan waktu serta biaya tidak kecil”, jelas indra Jaya Kusuma, Project Manager PT Waskita Karya, Kontraktor yang dipercaya menangani pembangunan The Frontage.

Sub-struktur sendiri merupakan pekerjaan pembangunan struktur bawah (pondasi), termasuk Pondasi Dalam. Pada thap ini, memang tidak banyak pekerjaan fisik yang tampak dari luar.

“Pembuatan pondasi dalam sebanyak 2 titik sekaligus Test Pile sudah tuntas dilakukan dengan hasil baik,” jelas Indra. Test Pile yang dilakukan sebanyak 2 titik tersebut pada area Tower (Apartemen dan Condotel).

Sedangkan pembuatan pondasi dalam sekaligus Test Pile berikutnya berada di area Mall, rencana test tersebut akan dilakukan di minggu ke-2 bulan mei.

“Kalau Test Pile ke-3 berhasil, selanjutnya secara kontinyu dilakukan pembuatan pondasi dalam yang diperkirakan memakan waktu 5-6 bulan,” imbuhnya.

Saat ini berbagai persiapan dilakukan dalam rangka pembuatan dan pengujian Test Pile, termasuk salah satunya pekerjaan urugan sirtu dengan proses pemadatan yang baik. Hal tersebut diperlukan agar landasan alat pancangan kuat dan stabil, mengingat berat dari alat pancangan yang disyaratkan adalah 900 ton.

Cuaca yang tidak menentu dengan hujan yang masih mengguyur Kota Surabaya, diakui Indra menjadi salah satu kendala proses pengurukan lahan. “Seringkali progress pembangunan hanya dinilai dari fisik bangunan yang tampak dari luar saja. padahal, pengerjaan sub-struktur yang dilakukan di bawah tanah adalah tahap paling menentukan kepastian daya dukung pondasi terhadap bangunan diatasnya dan juga akurasi dimensi struktur pada lanjutan tahapan upper-struktur berikutnya,” pungkasnya.

 

 


 

DENYUT PEMBANGUNAN THE FRONTAGE

 

test-pile

 

TEST PILE Variasi ketinggian bangunan The Frontage, yang berimplikasi pada perbedaan beban pada tanah penyangga superblock modern ini, membuat pihak kontraktor perlu melakukan Test Pile hingga beberapa kali dengan pembebanan 300% dari kondisi sesungguhnya nanti. Pada tahap awal, tes yang bertujuan untuk mengukur kekuatan tiang pancang pondasi tersebut telah tuntas dilakukan di 2 titik di areal tower apartmen dan condotel. Tes kedua yang akan dilakukan di areal mall pada bulan Mei ini menjadi penentu pembuatan pondasi dalam. Diperkirakan jumlah pondasi dalam yang dipasang berjumlah 861 titik dengan variasi dimensi 100cm dan 80cm dan kedalaman 55 meter.


sheet-pile

 

PEMASANGAN SHEET PILE Proses pembangunan dasar ini ditandai pula dengan pemasangan sheet pile atau bidang penahan untuk menahan dinding tanah area penggalian basement. Total sheet pile yang akan ditanam di areal proyek tersebut sebanyak 835 titik, untuk meng-cover area sepanjang 417.5 meter. Pemasangan bidang beton sepanjang 12 meter dengan lebar 50cm dan ketebalan 32cm ini telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2015. hingga akhir April, telah tuntas dikerjakan sebanyak 723 titik atau 65.5% dari total target.

error: Content is protected !!